Menuai Pro Dan Kontra, Festival Santet Pertama di Indonesia, Apa Tujuannya? | AKIM tvOne

Jakarta, www.tvonenews.com - Berencana menggelar festival santet Persatuan Dukun Nusantara (Perdunu) yang dideklarasikan di Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu lalu (3/2/2021) menuai pro dan kontra di Masyarakat.
Selain festival santet, program kerja Persatuan Dukun Nusantara antara lain pengembangan wisata mistis, pengobatan gratis, dan doa bersama.
Namun Festival santet dan pengembangan wisata mistis, dua program kerja perdunu menjadi polemik.
Disebutkan tujuan didirikannya Perdunu ini, agar masyarakat tak terjerumus dengan aksi dukun abal-abal dan menjerumus kepada penipuan.


Saksikan live streaming tvOne hanya di www.tvonenews.com/live

Komentar

  • Yusni Nur'Aeni
    Yusni Nur'AeniBulan Yang lalu

    musyrik semakin teranga terangnan

  • Eva Purnama
    Eva PurnamaBulan Yang lalu

    Mau jd apa negri ini...

  • dewi ayu
    dewi ayuBulan Yang lalu

    Semoga festivalnya gak memicu tsunami 20 meter itu ya, kan deket sama pantai selatan

  • Nur Janah
    Nur JanahBulan Yang lalu

    Bagus biar gak ada dukun palsu lagi dan saya pwnhwn mintak wea dukun bener saya cari duk n tapi blom dapat adany a palsu

  • Prastito Hajar
    Prastito HajarBulan Yang lalu

    Aneh aneh,, caper..

  • Flora Natasa
    Flora NatasaBulan Yang lalu

    Bubarkan! Ustadz Salafi mana Ustadz Salafi yang biasanya teriak teriak Tauhid..

  • Brilyan Kayana
    Brilyan KayanaBulan Yang lalu

    Mendingan gak usah ada kayak gitu2an ..yg GK jelas.yg sudah jelas aja solat di mesjid..musola2 pada di urus ...apapun Dalihnya kita harus pikir efeknya bagaimana ...takbiirr Allohuakbarrr

  • Frozen Forest
    Frozen ForestBulan Yang lalu

    Persatuan pengangguran yang sok pintar dan pemalas! lebih cocok namanya perdungu!!

  • Dedes Hendri
    Dedes Hendri2 bulan yang lalu

    INI DUKUN MANUSIA SETENGAH IBLIS. YG TIDAK MENGENAL ALLAH SWT

  • Riz Ky
    Riz Ky2 bulan yang lalu

    Acara paling terkonyol di indonesia

  • wisanggeni wisang
    wisanggeni wisang2 bulan yang lalu

    Namanya dukun bisanya merusak

  • Lily Nawangwulan
    Lily Nawangwulan2 bulan yang lalu

    Hahaha ..aq merasa ada yg lucu tenan..yoo kq ono konten acara festival santet ....salam saking dr bumi Blambangan cah...

  • Agung Nusantara
    Agung Nusantara2 bulan yang lalu

    Ingat banyuwangi termasuk jawatimur keseluruhan jangan seenaknya apapun itu di larang agama sirik haram hukumnya

  • ABAS FARM
    ABAS FARM2 bulan yang lalu

    Tak kiro gelas benthet๐Ÿคญ๐Ÿคญ

  • Alfarizki Adika
    Alfarizki Adika2 bulan yang lalu

    Ayoo kita membuat virus.. Kita harus bisa menyaingi negara pembuat virus lain nya.. Semangat โœŠ

  • Bull
    Bull2 bulan yang lalu

    Hahaha belum ketemu bos VAVAN ya, hati2 ntr di makan semua santetnya

  • Mari Yah
    Mari Yah2 bulan yang lalu

    Astagfirrlah....indonesia yg damai makmur setosa kini mo dijadikn apa lagi ya...ada" aja Festival santet dh ngeri dengernya jg..๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ

  • En Drl
    En Drl2 bulan yang lalu

    Ga usah di kasi izin .mau meliat kan ke kuatan banyu wangi .setiap daerah juga punya ga usah nyombong .KEPOLISIAN ARUS PEKA JGN DI BIARKAN .

  • yudha dhaniar
    yudha dhaniar2 bulan yang lalu

    Gantii ajaa.. JGN FESTIVAL SANTET,, Serremm x Bah...

  • yudha dhaniar
    yudha dhaniar2 bulan yang lalu

    G perlu..g manfaat ah, Menurut aku, Maksudnya mungkin baik, Cm pake, nama "SANTET" BAHASANYA. aja x

  • Ade Agustien
    Ade Agustien2 bulan yang lalu

    TIDAK USAH BER TELE2 TIDAK DI BENARKAN ...TIDAK BOLEH....HARUS DI MUSNAHKAN...TIDAK BOLEH HARAM SIAPA YANG MENGADAKAN SEKALIGUS PANITIANYA.DI LAKNAT ALLOH...PERBUATAN DENGAN BANTUAN SYETAN ITU HARAM......MAU MENYAINGI KEKUATAN ALLOH...KALO BUTUH KERUKUNAN APA SAJA MINTANYA SAMA YANG MENGHIDUPKAN KITA BUKAN SAMA MANUSIA ATAU SYAITON, HANYA PADA SANG PENCIPTA LAH KITA MEMOHON PERTOLONGAN.KECUALI TAK BER TUHAN MAKA MAKA MINTA LAH PADA SETAAAN LIWAT DUKUN SANTET SANTET,,BAPAK2 YANG TERHORMAT....!!!YANG DILIAT DI ID-get ITU ADALAH : MEMBUKA MATA DAN HATI KITA BAHWA SEKUAT APAPUN ILMU. SETAN..TIDAK BISA MENGALAHKAN ILMU TUHAN....MAKSUT DARI TAYANGAN ITU....DI BUKTIKAN.ITU SI ' AR.BAGI KITA YANG MERASA PUNYA TUHAN BUKAN SO SO AN..INI TERMASUK JIHAT MEMERANGI PERBUATAN MELAWAN TUHAN ARTINYA JAUHILAH SYETAN DAN KITA MOHON PADA YANGMAHA BERKUASA DI BUMI INI....YAITU TUHAN SAMESTA ALAM.

  • Iip Wawan Sarip
    Iip Wawan Sarip2 bulan yang lalu

    Parah kalo santet berkembang

  • petani asoy
    petani asoy2 bulan yang lalu

    Saya ketawa terbahak behek loh ๐Ÿคญ

  • hhsjh hhd
    hhsjh hhd2 bulan yang lalu

    Jangan di izinin

  • Tanti Herawati
    Tanti Herawati2 bulan yang lalu

    Aduh nanti org berlomba jd dukun santet terbaik dong..he..

  • Agus Ahmad
    Agus Ahmad2 bulan yang lalu

    Kog LUCU Yaaaaa.. Mau jadi apa Indonesia Tercinta ini..?? Kalo lihat namanya saja santet,itu MAKNA LUASNYA Ya JELAS TIDAK BAIK.. PAKE AKAL SEHAT..

  • Agus Ahmad
    Agus Ahmad2 bulan yang lalu

    Dukun santet nusantara mirip ISLAM nusantara idenya p agil sirot..

  • Pak Hadi
    Pak Hadi2 bulan yang lalu

    Sakit jiwa

  • Hj Sukaesih
    Hj Sukaesih2 bulan yang lalu

    Ya allh sy MH serius bgt tiap HR nonton yutub dkt beneran

  • bayi lucu lucu
    bayi lucu lucu2 bulan yang lalu

    G pnting d beritain

  • sud jono
    sud jono2 bulan yang lalu

    Santet itu semacam dengan sihir. Ada festifal berarti melanggengkan adanya orang sakit/yg tersiksa. Dan melanggengkan adanya orang untuk sah berbuat jshat.

  • Wiyata Solo
    Wiyata Solo2 bulan yang lalu

    Bikin kegiatan lain saja. Alasan apapun , istilah santet menimbulkan rasa takut.

  • Suyitno Hadi Pornomo Pornomo
    Suyitno Hadi Pornomo Pornomo2 bulan yang lalu

    MENDATANGI DUKUN UNTUK MINTA PERTOLONGAN DARI DUKUN HUKUMNYA HARAM.

  • Susetyo Harsono
    Susetyo Harsono2 bulan yang lalu

    Se 7 buat nyantet para KUROPTER di Negeri tercinta ini Beserta sekeluarga nya

  • Lilik Manik
    Lilik Manik2 bulan yang lalu

    Vestival ko vestival santet, ga masok mendeng vestival jarang kepang,

  • Sohib 1966
    Sohib 19662 bulan yang lalu

    Festival yg tidak menarik simpatik masyarakat

  • Rahmad Hidayatullah
    Rahmad Hidayatullah2 bulan yang lalu

    Sekalian festifal miras,psk, dan lain lain nya agar lengkap festival kemungkaran di negara ini .

  • DAVID kopimurni
    DAVID kopimurni2 bulan yang lalu

    Festifal santunan anak yatim bgs

  • Rewel Rewel
    Rewel Rewel2 bulan yang lalu

    Gk perlu ada VESTIVAL SANTET......AKAN DI TUNGGANGI MANUSIA BIADAB.....INGAT....

  • Rewel Rewel
    Rewel Rewel2 bulan yang lalu

    TDK SETUJU.ALASANYA...BSNYAK YG DI PLENCENGKAN ARAH BISNIS PEMBUNUHAN ORG2 YG TDK BERSALAH.ALIAS NYANTET.ADA YG D BAYAR 20 SMPAI 50 JUTA.INGIN JELAS TONTON ID-get....TRIMAKASIH

  • Pak Markum
    Pak Markum2 bulan yang lalu

    Biar keluar semua dukun santet kt sng cari para ustadz sang pejuang

  • Nyit Nyit
    Nyit Nyit2 bulan yang lalu

    Bnyk konten pembodohan d puplik dan bawa2 ayat Alquran..yg bisa me jadikan kerusuhan

  • alber warneri
    alber warneri2 bulan yang lalu

    mana tu para pemberantas dukun santet....kalau memang benar si idris, samsudin, mamaz, nur samsun sekalian ujang bustomi...ayo hajar, tu sudah ada perkumpulan dukun santet, pada ngumpul mereka tu, gak susah2 lagi nyari kesana kemari sekalian berantas tu dukun santet kalau kalian berani....katanya kalian bisa hajar 1000 dukun

  • Arwan Aja
    Arwan Aja2 bulan yang lalu

    gila deh...

  • Tuan soh bin nor Nor
    Tuan soh bin nor Nor2 bulan yang lalu

    Sama saja dengan pornstars festival.Tunggu masa Indonesia di beri bala sebesar mungkin oleh allah.perdukunan seharusnya dibasmi tapi pemerintah buat tak perduli asal jangan memusuhi pemerintah

  • Aditya E T
    Aditya E T2 bulan yang lalu

    Salut sama pembawa acara nya ' Tidak mengucapkan salam kepada dukun tsb ' ๐Ÿ‘๐Ÿผ๐Ÿ‘๐Ÿผ๐Ÿ‘๐Ÿผ๐Ÿ‘๐Ÿผ๐Ÿ‘๐Ÿผ . Soalnya mengucapkan salam itu termasuk doa keselamatan untuk si penerima ucapan salam tsb '

  • Abu Aep
    Abu Aep2 bulan yang lalu

    Masa Alloh bagi ummat islam sudah cukup conto dari rosulullo yaitu untuk supaya di cintai orang maka contohlah ahklaknya rosul yaitu perbsiki ahlak.pestipslkan ahlak oleh ummat islam.semoga Alloh mengampuni kesalahatunjukan kami ke jalan mu yang sudah betul lurusnya. Amiin

  • ernadelta indo
    ernadelta indo2 bulan yang lalu

    Bukannya di berantas malah di festivalkan Astagfirullah ya Allah ampunilah dosa2 hambamu ini

  • Mustafa Alamas
    Mustafa Alamas2 bulan yang lalu

    IDEEEEE GOUBLOK BIN GENDENG....

  • Ade 17
    Ade 172 bulan yang lalu

    Stress x ya

  • syam suddin
    syam suddin2 bulan yang lalu

    Ilmunya saja terlarang dalam ajaran islam,bagaimana pula mau dibuatkan festival.

  • Nurirahma Yani
    Nurirahma Yani2 bulan yang lalu

    Santet koluptor

  • Nurirahma Yani
    Nurirahma Yani2 bulan yang lalu

    Buktikan dan pelajari hik mahnya. Bagus vestipal biar ada bukti penguasa juga pake dukun

  • Kaji Ngidaglepma
    Kaji Ngidaglepma2 bulan yang lalu

    Festival dazal ini

  • AsepRicky Supriatna
    AsepRicky Supriatna2 bulan yang lalu

    Memangnya personal dukun yg berpraktek atau disaat sedang melakukan santetnya bisa diketahui bahwa santetnya itu santet positif.

  • Rahmad Hidayatullah
    Rahmad Hidayatullah2 bulan yang lalu

    Itu semua siasat Dajjal . Utk menyesatkan ummat . Kemungkaran kok di lombakan seharusnya di musnahkan bukan utk di tontonan . Ini bisa merusak akidah ummat.

  • M Zakharia
    M Zakharia2 bulan yang lalu

    Jika bisa jangan sampai diadakan. Akan menimbulkan kemurkaan akan muncul santek2 yg digunakan utk perasan terhadap orang sakit

  • Wawan Wasimun
    Wawan Wasimun2 bulan yang lalu

    ...... Nau zubillahi minzalik....

  • Sophia Filemban
    Sophia Filemban2 bulan yang lalu

    Gilaaaaaa , bener,, kiamat sdh dekat

  • kasih kasih
    kasih kasih2 bulan yang lalu

    Klo santet ko di legalkan pikiran sy bisa bisa negara indonesia mnjdi komunis..istri orang d santet jd kekasih gelap..nah jelas ini akan smakin mengendorkan akidah atopun ahlak manusia yg awalnya agamis bsa jd curang

  • Nuryanti Ujil
    Nuryanti Ujil2 bulan yang lalu

    ุญุณุจูŠ ุงู„ู„ู‡ ูˆู†ุนู… ุงู„ูˆูƒูŠู„ ุญุณุจูŠ ุงู„ู„ู‡ ูˆู†ุนู… ุงู„ูˆูƒูŠู„ ุญุณุจูŠ ุงู„ู„ู‡ ูˆู†ุนู… ุงู„ูˆูƒูŠู„ ุญุณุจูŠ ุงู„ู„ู‡ ูˆู†ุนู… ุงู„ูˆูƒูŠู„ ุญุณุจูŠ ุงู„ู„ู‡ ูˆู†ุนู… ุงู„ูˆูƒูŠู„ ุญุณุจูŠ ุงู„ู„ู‡ ูˆู†ุนู… ุงู„ูˆูƒูŠู„ ุญุณุจูŠ ุงู„ู„ู‡ ูˆู†ุนู… ุงู„ูˆูƒูŠู„ ุนู„ูŠูƒู…

  • Nuryanti Ujil
    Nuryanti Ujil2 bulan yang lalu

    ุญุณุจูŠ ุงู„ู„ู‡ ูˆู†ุนู… ุงู„ูˆูƒูŠู„ ุญุณุจูŠ ุงู„ู„ู‡ ูˆู†ุนู… ุงู„ูˆูƒูŠู„ ุญุณุจูŠ ุงู„ู„ู‡ ูˆู†ุนู… ุงู„ูˆูƒูŠู„ ุญุณุจูŠ ุงู„ู„ู‡ ูˆู†ุนู… ุงู„ูˆูƒูŠู„ ุญุณุจูŠ ุงู„ู„ู‡ ูˆู†ุนู… ุงู„ูˆูƒูŠู„ ุญุณุจูŠ ุงู„ู„ู‡ ูˆู†ุนู… ุงู„ูˆูƒูŠู„ ุญุณุจูŠ ุงู„ู„ู‡ ูˆู†ุนู… ุงู„ูˆูƒูŠู„ ุนู„ูŠูƒู…

  • Agus Ali
    Agus Ali2 bulan yang lalu

    Dukun santet identik dengan gerombolan pki,,,

  • MADA Pahit
    MADA Pahit2 bulan yang lalu

    Org2 yg tdk bermoral...nooo jokowi yg di santet bru mantaaab jgn org2 yg tdk bersalah

  • MADA Pahit
    MADA Pahit2 bulan yang lalu

    Orang NU ini gmna sih....luarbiasa pngajian org islam di bubarkn looohh ini di biarkan...

  • suratno property
    suratno property2 bulan yang lalu

    klo niat baik jngn menggunakan judul festival santet, klo istilah santet itu secara umum hrs di basmi, klo di artikan menurut satu daerah saja sedangkan arti menurut umum bahwa santet itu ilmu hitam ilmu iblis yg merusak dn meresahkan masyarakat .. gak sok hebat, sok sakti, pamer kanuragan.. pamer home industri, karya ketrampilan aja buat edukasi membantu lingkungan yg mendidik generasi kerja keras kerja yg halal gak menghayal

  • Ahmad Said
    Ahmad Said2 bulan yang lalu

    Asslmakm.. Sebaiknya masa akn dtg kita buat festifal koruptor..utk cari solusi mnjadi koruptor yg terhebat???

  • Ahmad Said
    Ahmad Said2 bulan yang lalu

    Benda ini benda tabu...kenapa harus di realitaskn..seakan2 perkara ini jadi mcm biasa..!!!!!????

  • Didin Rosidin
    Didin Rosidin2 bulan yang lalu

    efek paling pertama ke pikiran manusia adalah berfikir buruk!!!. karena kata itu sudah melekat di hati masyarakat HINA berpikir HINA bertindak HINA prilaku. Coba aja rasakan. apa ga ada kata lain yang lebih enak di dengar. MENDENGARNYA AjA MUAK kata itu!.

  • Imam S
    Imam S2 bulan yang lalu

    tanda"akhir zaman sudah nampak

  • Sri Rezeki
    Sri Rezeki2 bulan yang lalu

    Astagfirullahaladzim..jangan di beri izin.., itu semua kedok.. Laknatullah..

  • Pejuang Lampung
    Pejuang Lampung2 bulan yang lalu

    Santet tetaplah santet, sihir tetaplah sihir... Lama lama nanti ada sekolah dukun santet nusantara.. Gantilah bahaasanya jangan festival santet.. Festifal supranatural kek apa kek...... Mana kiyai, ulama, ustad, gak ada harga diri.. Bamgkit bangkit bangkit

  • Putri Nafisah
    Putri Nafisah2 bulan yang lalu

    G lucu..

  • Achmad Supriyadi
    Achmad Supriyadi2 bulan yang lalu

    Ada2 aja pke pestipal ngapain di banga2in dukun santet yg ada di bantai dukun santet

  • Jono ifa88
    Jono ifa882 bulan yang lalu

    Apapun alasanya itu hanya pembenaran subyektif.

  • Zahira Nafeesa
    Zahira Nafeesa2 bulan yang lalu

    Kang udin. Ikut aja pestival santet hajar semua tu dukun 2 santet.

  • tukang tani
    tukang tani2 bulan yang lalu

    walah parah parah

  • yus nani
    yus nani2 bulan yang lalu

    Mbok ya judulnya jangan festival santet, diganti kek namanya, dengar santetkan menakutkan

  • RIVA 09
    RIVA 092 bulan yang lalu

    Ya alloh gimn ini negara ku menjadi negara islam kemusrikan ๐Ÿฅถ๐Ÿ˜ญ

  • Reyhan Chanel
    Reyhan Chanel2 bulan yang lalu

    Kenapa hrs nama santet,d luar nalar jauh dr islam bs2 suami org d santet

  • Reyhan Chanel
    Reyhan Chanel2 bulan yang lalu

    Y bb gk kelihatan

  • Reyhan Chanel
    Reyhan Chanel2 bulan yang lalu

    Susah lucu ya

  • Andi J Nursanti
    Andi J Nursanti2 bulan yang lalu

    Sudah gila kah negri ini, blm selesai masalah2 yg ada, timbul lagi masalah yg lain, innalillahi dah..

  • Bahrudin Bahar
    Bahrudin Bahar2 bulan yang lalu

    Judulnya salah seharusnya PESTIVAL PEMBASMI DUKUN SANTET

  • Robiah Oke
    Robiah Oke2 bulan yang lalu

    kiamat baru kali ini umat Islam mau mengadakan santet sadar bro jgan kebawa iblis

  • Arve
    Arve2 bulan yang lalu

    Kalo mau santet jangan cuma paku doang.. sekalian ama pasir, kusen, dipan, semua material bangunan deh. kalo gitu namanya santet gak jelek2 amat..

  • Arve

    Arve

    2 bulan yang lalu

    Santet itu manfaatnya apa yak??

  • Dra. Zainiyah
    Dra. Zainiyah2 bulan yang lalu

    jangn laksanakan festifal santet. jang dampai terlaksana tolong pemerintah klau bisa bubarkan santet. harus bisa bubarkan kegiatan santet

  • Dra. Zainiyah
    Dra. Zainiyah2 bulan yang lalu

    sebaiknya mintaklah pendpt para guru sepiritual yg membasi dukun 2 santet. klau sampai ada festifal santet negara ini rusak. mayoritas santet itu dimana tjuanya cari uang pintas hasilnya ratusan juta. dan itu mencelakai orang yg tdk berdosa.

  • Mulyadimesat Yadi
    Mulyadimesat Yadi2 bulan yang lalu

    Astafirullohilazim zaman skrang pemerintah mengizinkan pestipal perdukunan membuat orang sesat menyembah setan iblis Banyu wangi pemerintahan gendeng

  • Suwito Notonagoro

    Suwito Notonagoro

    2 bulan yang lalu

    Keterbatasan sdm masyarakat awam banyak di gunakan negatifnya dari pada positifnya,tak relvan bila di adakannya

  • Yaumul Nas
    Yaumul Nas2 bulan yang lalu

    Dukun santet identik dgn syetan dan jin dan aksi mereka berupa sihir..tdk pernah ada seorang duntet dlm prakteknya mminta pd yg kuasa bhkan mrka tdk kenal alqur an..jika dfinisi ini bnar dn pemerinta cq dinkeb & pariwisata mmberi ijin mk nyata2 kita mlihat kedzoliman dn para musyrikun beraksi scr legal dtngah masy..

  • aisah aisah
    aisah aisah2 bulan yang lalu

    Dripada. Pistipal santet. Mendig bakar bebek ,brdoa knyzng dunis aherat ,

  • Yoosung Kim
    Yoosung Kim2 bulan yang lalu

    Jgn"negri in org"SDH gila x. Para ustadz basmi santed errhhh Kok santed mo pestipal.gmn tuh.brati ada jg gerombolan NYI renggong ngerrii.

  • Esa Purniawati
    Esa Purniawati2 bulan yang lalu

    Untuk pak Bram mohon dg sangat jangan diijinkan pak, memalukan, walaupan artinya sama dg pelet/pengasihan.pokoknya gagalkan, rakyat bwi gk stuju

  • Mukti Sari
    Mukti Sari2 bulan yang lalu

    Santet itu tdak punya norma! Apapun alasan santet itu musrik bubsrkan sja! Jangan datang ke dukun sholatnya tdak dtrima selama 40 hari!

  • Asri Latifatun
    Asri Latifatun2 bulan yang lalu

    Dukun dukun tambah gede endase , padahal ilmu yg di pake gak jelas ilmu hitam atau putjih . Ini nanti akan mengecoh antara ulamak, kiyai yg beneran, ustad pemuka agama teruta islam dengan dukun ilmu iblis . Ide kok aneh aneh , festifal sate malah bener tu , banyak orang nanti belajar resep resep sate .

  • H.SAMIDIN.N Udin
    H.SAMIDIN.N Udin2 bulan yang lalu

    Klo menurut saya festival dukun jangan diijinkan ... Jelas ajaran tersesat diijinkan ga salah tu Pikirkan donk jangan cuma memikirkan proyeck aja Pokoknya saya ga setuju dg festival dukun santhet

  • Lampung Selatan
    Lampung Selatan2 bulan yang lalu

    Latar belakang nya media pil benar bantuan jien ciptaan Allah juga memangnya Abdul patah tuh ciptaan siapa. ?!

  • Waldi gaming
    Waldi gaming2 bulan yang lalu

    Kalau kata pepatah. Ada sesuatu d balik batu. Yang pasti. Meminta pengakuan atas keberadaannya. Mohon untuk d perhatikan bagi penyelenggara pemerintahan. Hari hatilah untuk mengambil kebijakan. Sebab yg namanya dukun. Bahayaaaa

  • Riska Engelina
    Riska Engelina2 bulan yang lalu

    Itu ke tua dukun nya tangkap aja buang ke laut

  • usman usman
    usman usman2 bulan yang lalu

    Kiamat sudah dekat sampe2 diadakan persatuan santet edan

Berikutnya